Rabu, 14 Maret 2012

Antara Suku Maya, 2012, dan Badai Matahari



Bagi kalian yang nonton video diatas, pasti mikir,"ngomong apa sih mereka? gak ngudeng." Nah, itu dia! Saya juga mikir gitu, hahahaha. Intinya mereka lagi ngomongin tentang ramalan "kiamat 2012" punya nya Suku Maya (bukan punya nya mama Loren atau mama Lemon ya :P) yang kebanyakan dipercayai beberapa orang di dunia. Apa?? Gak tau Suku Maya itu yang mana? Itu lho yang merupakan penduduk asli Australia. Eh, itu Aborigin yaa. Hehehe. Maap, maap!

Ramalan 2012. Identik dengan bencana-bencana yang terjadi di bumi ; tsunami, gempa, banjir, gunung meletus, badai, etc. Eniwei, kalo ngomongin soal badai. Saya jadi inget tetangga saya nih. Semua anak-anaknya dikasih nama "fenomena alam". Anak yang paling sulung dikasih nama Badai, trus adeknya dikasih nama Topan, lalu Bintang, kemudian Awan. Kalo ibunya hamil lagi nih yaa, saya mau menyarankan nama Guntur atau Guruh deh buat anaknya nanti :P. Oke. Lupakan tetangga saya. Saya posting disini bukan untuk nge-gosipin mereka (Unfortunately, you have did it, ckckckck).

Well, salah satu yang ramai di perbincangkan orang sekarang adalah fenomena badai matahari. Badai Matahari terjadi ketika muncul flare dan Coronal Mass Ejection (CME). Flare adalah ledakan besar di atmosfer Matahari yang dayanya setara dengan 66 juta kali ledakan bom atom Hiroshima. Adapun CME merupakan ledakan sangat besar yang menyebabkan lontaran partikel berkecepatan 400 kilometer per detik. Para ilmuwan sendiri sudah men-cap bahwa fenomena ini merupakan aktifitas 11 tahunan matahari. Jadi maksudnya itu sudah menjadi fenomena alam biasa, sama seperti halnya hujan meteor. Memang akan berdampak juga pada aktivitas bumi, tapi gak bakal menyebabkan bencana besar seperti yang di ceritain di film 2012 ya. Dampak negatif-nya hanya sekitar pada terganggunya komunikasi satelit dan radio, serta gangguan listrik akibat memanasnya suhu bumi. Untuk gambaran lebih jelasnya, anda bisa  melihat video di bawah ini.




Luar biasa. Saya kira radiasi akibat badai matahari ini bakal menyebabkan wabah penyakit "zombie" ke manusia. Hanya ada beberapa orang aja yang bertahan hidup, bahu-membahu untuk bertahan hidup kayak di film The Walking Dead gitu. Ternyata itu cuman imajinasinya saya aja, hahaha (bagi anda yang terlanjur serius dan merasa aneh dengan yang tadi. Abaikan aja. Ini cuman statement dari orang bodoh :)).

Usut punya usut, ternyata badai matahari gak cuma menyebabkan dampak buruk bagi bumi. Ada hal-hal indah lainnya yang diakibatkannya, contohnya penampakan aurora di Kutub. Bisa klik disini bagi yang ingin lihat. Melihat fenomena tersebut mengingatkan saya pada kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Sungguh hal yang luar biasa seluruh semesta ini adalah ciptaan-Nya dan ingat! masih banyak hal-hal yang tidak kita ketahui tentang alam semesta ini, meskipun kita telah menciptakan teknologi canggih untuk menguak rahasia-rahasia tentang alam semesta itu sendiri. Bisa jadi ada kehidupan lain di galaksi lainnya. Ya kan? Seperti tantangan Allah SWT kepada kita, manusia untuk menembus langit : "Wahai golongan jin dan manusia! Jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka tembuslah. Kamu tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan kekuatan (dari Allah)" (QS. Ar-Rahman : 33). Neil Amstrong berhasil mendarat di bulan karena kehendak Allah SWT, bukan karena faktor teknologi atau hal lainnya.

Bagaimana kita seharusnya menyikapi kejadian tentang badai matahari ini? Dari berbagai pendapat yang ada, kita tidak perlu menyikapi masalah tentang "2012" ini secara berlebihan. Bencana bisa terjadi dimana saja, kapanpun, dan bisa dalam bentuk apa saja. Sebagai orang yang beragama, kita harus sadar bahwa ini merupakan peringatan dari Allah SWT. Bahwa kehidupan di dunia ini hanya sementara. Peringatan agar kita selalu berhati-hati dalam bertindak. Menjaga dan merawat bumi ini dengan sebaik-baiknya. Setelah kehidupan ini, ada kehidupan kekal yang sudah Allah sediakan. Maka siapa yang akan memberikan perlindungan selain Dia? Nobody. Dan tentang ramalan kiamatnya suku Maya di tahun ini, it's really impossible. "Manusia bertanya kepadamu (Muhammad) tentang hari Kiamat. Katakanlah, "Ilmu tentang hari Kiamat itu hanya di sisi Allah". Dan tahukah engkau, boleh jadi hari Kiamat itu sudah dekat waktunya (QS. Al-Ahzab : 63). Persis seperti yang tertulis pada surah di atas, hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Kapanpun Dia menghendakinya pasti akan terjadi, bahkan di tahun ini. Kita manusia sama sekali tidak dapat memprediksikan nya kan? Memangnya siapa kita bila dibandingkan dengan Tuhan pencipta alam semesta ini. Kita bagaikan seekor semut kecil di tengah lapangan sepak bola. Ya begitu juga dengan Suku Maya yang populasinya tidak lebih banyak daripada penduduk di Samarinda :D

Sumber :
  • http://www.indospiritual.com/artikel_ramalan-kiamat-tahun-2012-karena-badai-matahari-.html
  • http://www.anneahira.com/2012.htm
  • http://mymoen.wordpress.com/2010/03/06/fenomena-badai-matahari-2012/ 


Note: Judulnya mirip kayak judul lagu-lagu galau gitu "Antara Aku, Kau, dan Dia". Oke, silahkan tertawa! -___-" ---->  ┒(‘o’┒) LO , (┌’,'┐) GUE = ┒(⌣˛⌣)┎ END !

0 komentar:

Posting Komentar